Salut! Santri Asal Klungkung Asal Bali Juara Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional

Berita baik datang dari Lomba Baca Kitab Kuning kemarin Selasa 22 Desember 2020 pkl 08.00- 14.00 WIB. Utusan Bali yaitu Maya Nur Halizza santriwati dari Pondok Pesantren Dipenogoro memenangkan perlombaan tersebut sebagai Juara Harapan I Nasional. Ia berhasil memenangkan hadiah uang sebesar Rp15 juta.

Lomba ini melibatkan 1744 Peserta yang diseleksi dari 21 Provinsi dari 635 Pesantren di Indonesia. Selain itu menghadirkan 3 juri yaitu KH. Syuhada’ Syarkun, S.Ag., M.HI. (Pesantren Tebuireng – Jombang Jatim), KH. DR. Muslih Abdul Karim, MA (Ketua Umum MAPADI) dan Dr. KH. Ali Akhmadi, MA, Al-Hafidz (Ketua BPKD-DPP PKS).

Adapun kitab yang dibaca adalah kitab FATHUL MU’IN dari bab pertama hingga bab terakhir dengan aspek penilaian dalam lomba meliputi ketepatan membaca sesuai kaidah nahwu shorof; Kelancaran membaca dan pemahaman makna yang dibaca.

Berikut nama – nama para pemenang Lomba Baca Kitab Kuning Fraksi PKS DPR RI Tingkat Nasional ke 4 – 2020 :
1. Juara I diraih oleh Maulana Ansori perwakilan dari Provinsi Ponpes Al-Ansori Lebak Provinsi Banten,
2. Juara II diraih oleh Hanif Juwardi perwakilan dari Ponpes Al-Fatah Kubu raya Kalimantan Barat,
3. Juara III diraih oleh Hilmi Taftajani perwakilan dari Ponpes Ar-Rafi’ Jagakarsa Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan juara harapan sebagai berikut :
1. Juara Harapan 1 diraih oleh Maya Nur Halizza perwakilan dari Ponpes Diponegoro Klungkung Bali,
2. Juara harapan II diraih oleh Ahmad Fitriyadi perwakilan dari Ponpes Darussalam Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan,
3. Juara harapan III diraih oleh M. Agus Efendi perwakilan dari Ponpes Al-Barokah, Karangwaru, Tegalrejo, Provinsi D.I Yogyakarta.

Dan masing-masing juara 1 mendapatkan hadiah Umroh, juara 2 uang tunai Rp 25 juta dan juara 3 mendapatkan uang tunai Rp 20 juta.

Semoga keberhasilan ini membawa angin segar bagi perkembangan Pondok Pesantren di Bali. Agar lebih bersemangat dan semakin berprestasi. Maju terus santi dan santriwati Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *