Meriahnya Peringatan Maulid Nabi di Masjid Ar-Rahmah Bukit Sari-Tegallinggah

BULELENG (25/10) – Sebagai bentuk ungkapan rasa cinta kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, jamaah masjid Ar-Rahmah melangsungkan acara peringatan kelahiran Nabi Muhammad yang dikenal dengan istilah ‘muludan’ di masjid Ar-Rahmah Bukit Sari Tegallinggah Buleleng pada Ahad (24/10/2021)

Perayaan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam di Banjar dinas Bukit Sari berlangsung sangat meriah. Di awali dengan pengumpulan pajegan Sokok yang sudah dirias oleh jamaah masjid untuk dibawa pada saat acara.

Sembari menunggu acara berlangsung Para jamaah yang telah hadir di dalam masjid di ajak bersolawat bersama oleh grup hadroh Al-Habsy dengan lantunan syair-syair Arab dalam rangka mengagungkan nama daripada nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Kemudian acara berlangsung dengan khidmat yang mana dibuka dengan pembacaan kitab al-barzanji yang dipandu oleh Bapak Muhammad Jihad, dilanjutkan dengan acara berikutnya yaitu tausiah atau nasehat keagamaan yang disampaikan oleh Bapak Triona Wahyudi, S. Pd. I dengan mengangkat tema “Meneladani nabi, selamatkan negeri di masa pandemi” dan diakhiri penutup dan doa.

Ternyata dengan berjalannya rangkaian acara di pagi hari yang begitu meriah dan ramai tidak menyurutkan semangat para jamaah untuk mengikuti acara selanjutnya, karena apa?

Acara tidak sebatas itu saja, dari panitia sudah menyiapkan suatu agenda yang mana telah dinanti-nanti oleh para ibu-ibu khususnya dan remaja setempat yaitu hiburan pada siang hari

Tepat pukul 14.00 Wita acara hiburan siang dimulai yang dipandu oleh Bapak Sadri dan partisipan dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, bapak-bapak, ibu-ibu hingga lansia. Dan untuk hiburannya adalah Quiz pengetahuan Islam, pencak silat dan panjat pinang (berlangsung sangat meriah dan para hadirin sangat merasa terhibur)

Adapun rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam 1443 Hijriah, Remaja masjid atau Panitia telah melaksanakan agenda Perlombaan di luar acara tersebut, yaitu lomba catur, hafalan surat pendek untuk anak TK, lomba hias sokok dan salawat online yang mana telah diatur dan dikoordinir oleh panitia sedemikian rupa sehingga perlombaan berjalan dengan baik, dan untuk pembagian hadiah dibacakan pada saat hiburan siang tadi.

(Oleh Bathin, Reli PKS Buleleng Bali)

Leave a Reply

Your email address will not be published.